Testing Genset Dengan Load Bank – Uji Beban Penyimpanan

Load Bank Testing Genset
Tujuan dari pada Generator Set adalah untuk menyediakan sumber daya yang kekuatanya bisa di gunakan untuk menghidupkan perangkat listrik komersial.

Alasan mengapa uji beban penyimpanan atau load bank testing bagian penting dari rencana perawatan generator dan pencegahan kerusakan yang bersifat komprehensif, yang idealnya harus dilakukan pada genset setiap tahunnya. Pengujian beban penyimpanan daya generator / load bank testing membantu untuk memastikan bahwa generator bisa sepenuhnya digunakankan dengan optimal dan mengetahui titik batas penyimpanan daya genset.

Pengujian beban penyimpanan atau load bank testing Generator set adalah kegiatan pemeriksaan dan penilaian terhadap generator set. Yang bertujuan untuk memastikan semua komponen utama dari generator berada dalam kondisi prima. Peralatan yang dibutuhkankan untuk melakukan load bank testing agar dapat menghasilkan beban buatan pada generator, yakni dengan menggunakan mesin lain yang sistem operasi dan tingkat tekananya sama. Untuk generator yang biasanya di gunakan untuk situasi darurat saja, sebab generator ini jarang memberikan daya dengan kapasistas beban yang tinggi. Aturan umum yaitu – Apabila generator tidak melibihi 30% dari kapasista kW generator itu sendiri, maka harus mempertimbangkan untuk melakukan uji beban atau load bank testing.

load bank testing Genset www.sewaloadbank.co.id CV. HARFIKA NUSANTARA

load bank testing Genset www.sewaloadbank.co.id CV. HARFIKA NUSANTARA

Pengujian beban penyimpanan daya atau load bank testing generator set bertfungsi untuk memastikan bahwa generator dapat di gunakan apabila dibutuhkan sehingga, dapat sepenuhnya bergantung pada generator selama situasi darurat. Kunci dari pada uji beban penyimpanan atau load bank testing Genset yang tepat yakni, dengan menguji tekanan (kW) secara penuh dari peringkat output generator. Sebab rata-rata generator set tidak beroperasi secara teratur pada peringkat kW penuh, ini sangat penting agar bisa memastikan bahwa generator benar-benar menghasilkan tenaga yang optimal.

Bagaimana Pengujian Beban Penyimpanan atau Load Bank Testing Genset Berkerja ?

Pengujian beban penyimpanan atau load bank testing Generator Set dilakukan, beban buatan ditempatkan pada generator. Testing ini membutuhkankan waktu secara bertahap untuk meningkatkan beban kW. Setiap kali beban kW meningkat, sebagiknya dicatat kerusakan atau kendala yang terjadi contohnya: kemampuan genset untuk menangani dorongan, dan kemampuan genset berfungsi pada tingkat kW tertinggi. Sarana yang diperlukan untuk menyelesaikan test uji beban penyimpanan atau load bank testing (mesin yang memiliki ukuran dan tingkatan kW dan baterai seperti kabel).

Fungsi Pengujian beban penyimpanan Genset

  • Mengoptimalkan kemampuan genset sebagai sumber daya cadangan yang cukup apabila diperlukan.
  • Mengetahui  secara signifikan dan mencegah masalah besar di waktu yang akan datang.
  • Mengkodusifkan dan mengurangi karbon yang keluar dari saluran pembuangan.
  • Memeriksa sistem pendingin mesin.

 

CV. HARFIKA NUSANTARA : Jasa Sewa Genset, Service Genset dan Sewa Load bank

Jl. Cipinang Muara II No. 16 Klender – Duren Sawit – Jakarta Timur

(021) 86616365

Ferdi      : 0812 8983 5207

Jay          :  0812 8533 8689